Senin, 03 Oktober 2011

Tugas Akuntansi keuangan 1A

Uang adalah alat tukar menukar serta alat pembayaran yang sah yang digunakan oleh masyarakat, dahulu pembayaran semacam ini baik barang dengan barang ataupun benda-benda yang mempunyai nilai atau berharga disebut dengan cara “Barter”. Adapun fungsi uang yaitu sebagai alat tukar (medium of exchange ) dan sebagai alat penyimpan nilai (valuta).
Uang kartal (common money) adalah uang yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah yang digunakan oleh masyarakat dalam transaksi jual beli dalam kehidupan sehari-hari. Uang kartal ada 2 macam yaitu uang kertas dan uang logam.
Uang kertas adalah uang dalam bentuk lembaran yang terbuat dari kertas atau bahan-bahan lainnya yang menyerupai kertas dan mempunyai cap tertentu, serta merupakan alat pembayaran yang sah yang digunakan oleh masyarakat.
Uang logam adalah uang yang terbuat dari logam biasanya dari emas ataupun perak, bahan ini dipilih karena keduanya memiliki nilai yang cenderung tinggi serta stabil, bentuknya yang mudah dikenali, sifatnya yang tidak mudah hancur serta tahan lama dan dapat dibagi menjadi satuan yang lebih kecil tanpa mengurangi nilai yang ada pada uang tersebut. Beberapa macam nilai yang ada pada uang logam yaitu:
 Nilai intrinsik adalah nilai bahan baku untuk membuat mata uang tersebut,
 Nilai nominal adalah nilai yang tercantum dalam mata uang ataupun cap harga yang tertera pada uang,
 Nilai tukar adalah kemampuan uang untuk dapat ditukarkan dengan suatu barang.
Cek yang belum disetorkan adalah cek yang oleh perusahaan telah dicatat sebagai penerimaan atau pengeluaran namun oleh bank belum dicatat dan sebaliknya.
Giro adalah istilah perbankan tentang cara pembayaran yang merupakan kebalikan dari sistem cek. Giro diberikan oleh pihak pembayar (payer) kebank selanjutnya ditransferkan kepada bank pihak penerima.
Traveller’s Checks adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh sebuah bank yang mengandung nilai dimana benk penerbit sanggup membayar sejumlah uang sebesar nilai nominalnya kepada orang yang tanda tangannya ada pada cek itu yang digunakan untuk melakukan perjalanan.
Cashier’s checks adalah cek yang pemeriksaannya dijamin oleh bank. Diperlakukan sebagai dana yang dijamin serta biasanya dibersihkan pada hari berikutnya.
Bank draft adalah surat berharga yang berisi perintah tak bersyarat dari bank penerbit kepada pihak tertarik untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang yang ditunjuk pada waktu yang telah ditentukan.
Money order adalah keuangan instrument yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga lainnya yang memungkinkan individu menerima sejumlah uang tunai. Biasanya banyak digunakan oleh orang-orang yang tidak memiliki rekening giro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar