Jumat, 30 Maret 2012

MACAM-MACAM PERSEKUTUAN DAGANG

MACAM-MACAM PERSEKUTUAN DAGANG

Macam-macam persekutuan dagang yaitu:
1. Firma
Firma adalah suatu bentuk perusahaan yang diatur bersama-sama dengan perseroan komanditer dalam bagian II dari bab III kitab 1 KUHD dari pasal 16 sampai dengan pasal 35.
Adapun isi dari pendirian firma dalam pasal 26 KUHD yaitu:
a. Nama, nama depan atau kecil, pekerjaan dan tempat tinggal para perseroan firma.
b. Menyebutkan firma mereka dengan keterangan apakah perseroan itu untuk umum atau hanya terbatas pada suatu mata perusahaan yang khusus dan dalam hal yang belakangan ini, dengan menyebutkan mata perusahaan khususnya untuk itu.
c. Penunjukan persero-persero yang dikecualikan dari hak menandatangani untuk firma.
d. Saat berlakunya dan berakhirnya perseroan firma.
e. Selanjutnya (dan pada umumnya) bagian-bagian lain-lainnya dari perjanjian (mendirikan perseroan firma) yang perlu guna menentukan hak-hak pihak ketiga terhadap perseroan.
2. Perseroan
Perseroan adalah bentuk perusahaan yang diatur dalam KUHS. Menurut Tirtaamidjaja SH. Perseroan adalah bentuk pokok untuk perusahaan yang diatur dalam KUHD dan juga diatur di luar KUHD.
Para anggota perseroan mengatur segala sesuatu atas dasar persetujuan yang berisi tentang:
a. Bagian yang dimasukkan oleh tiap-tiap peserta dalam perseroan
b. Cara bekerja
c. Pembagian keuntungan
d. Tujuan bekerja sama
e. Lamanya (waktunya)
f. Hal-hal lain yang dianggap perlu
3. Perseroan terbatas (PT)
Dalam KUHD tidak memberikan definisi tentang pereroan terbatas (PT) dan KUHD hanyalah mengatur bentuk perseroan ini secara terbatas dan sederhana. Hanya ada 20 buah pasal dalam KUHD yang khusus mengatur PT yaitu pasal 36 sampai dengan 56.

Hal-hal yang harus ada dalam pembuatan PT yaitu:
a. Nama PT
b. Tempat dan kedudukan
c. Maksud dan tujuan
d. Lamanya akan bekerja
e. Cara-cara bekerja dan bertindak terhadap pihak ketiga
f. Hak dan kewajiban persero oleh pengurus
Adapun macam-macam PT yaitu:
• PT tertutup
Pt tertutup adalah perseroan dalam mana tidak setiap orang dapat ikut serta dalam modalnya dengan membeli satu atau beberapa saham.
• PT terbuka
PT terbuka adalah perseroan yang terbuka untuk setiap orang.
• PT umum
Perseroan umum adalah perseroan terbuka yang kebutuhan modalnya didapat dari umum dengan jalan dijual sahamnya dalam bursa efek.
• PT perseroan
Perseroan adalah suatu perjanjian dan perjanjian hanya mungkin dilakukan oleh paling sedikit atas dua orang
4. Perseroan komanditer
Perseroan komanditer adalah suatu perseroan untuk menjalankan suatu perusahaan yang dibentuk antara satu orang atau beberapa orang persero yang secara tanggung-menangguang bertanggung jawab atas seluruhnya (tanggung jawab solider) pada satu pihak dan satu orang atau lebih sebagai pelepas uang (geldschieter) pada pihak lain.
5. Koperasi
Koperasi adalah salah satu pelaku ekonomi yang penting dan diakui di Indonesia diantara tiga pelaku ekonomi yaitu pemerintah (BUMN), swasta (BUMS), dan koperasi.


Hukum Dagang_2.pdf
Bab 7-pengertian_hukum_dagang.pdf

1 komentar:

  1. mau aku catet ni. makasih artikelnya gan.
    Semoga info ini bermanfaat juga, memang banyak orang yang ingin sukses udaha dagang nya tanpa dibarengi dengan kualitas produk & pelayanan yang dijualnya. Bagaimana bisa? Karena yang namanya cara dagang memang perlu adanya peningkatan kualitas barang dagangannya. Tak perlu melakukan hal yang repot seperti belajar bisnis atau kursus online, seperti wanita yang ingin belajar materi dalam hal kecantikan (tata rias) di tempat penghasil bahan-bahan maklon kosmetik aman tidak berbahaya. Umumnya orang dagang sudah punya banyak pengalaman sebagai usaha nyata (lahir) nya, tapi terkadang masih kurang mengerti ilmu pelarisan seperti dalam usaha batin nya. Maka dari itu silakan coba mengimbangi dengan sarana batin, seperti menggunakan sarana pelarisan. Banyak orang yang bilang sebaiknya memang usaha nyata (lahiriah) dengan usaha batiniahnya harus seimbang. Berbicara masalah pelarisan dagang, ada yang pernah menyarankan menggunakan sebuah JIMAT yang katanya AMPUH. Informasi selengkapnya
    saya peroleh dari DISINI>> JIMAT PELARISAN
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus