Senin, 16 Mei 2011

Tulisan SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA
Sistem ekonomi merupakan perpaduan dari aturan–aturan atau cara–cara yang menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk mencapai tujuan perekonomian dan merupakan sekumpulan unsur atau komponen ekonomi yang saling berhubungan dengan masyarakat. Komponen-komponen tersebut adalah lembaga dan segala aktivitas perekonomin yang ada di masyarakat. Sistem ekonomi dapat diibaratkan seperti lingkaran-lingkaran kecil yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
Sistem ekonomi adalah cabangilmu ekonomi yang membahas pengambilan keputusan persoalan dalam tata susunan organisasi ekonomi untuk menjawab persoalan-persoalan ekonomi dan tujuan Nasional suatu Negara. Menurut Dumairy sistem ekonomi adalah suatu system yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu Negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi dinegara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah system ekonomi dengan system ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur factor produksinya.
Macam-macam sistem ekonomi yaitu:
1.Sistem ekonomi pasar (liberal)
2.Sistem ekonomi tradisional
3.Sistem ekonomi komando (terpusat)
4.Sistem ekonomi campuran
Negara Indonesia dalam hal ini menggunakan sistem ekonomi campuran yang merupakan sistem ekonomi yang lahir sebagai alternatif dari sistem ekonomi komando dan sistem ekonomi pasar.dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi. Dalam sistem ekonomi campuran, persoalan organisasi ekonomi sebagian dipecahkan melalui mekanisme pasar dan sebagian lagi dipecahkan melalui perencanaan pemerintah pusat.
Pada dasarnya sistem ekonomi campuran atau sistem kerakyatan dengan persaingan terkendali, agaknya merupakan system ekonomi yang paling cocok untuk mengelola perekonomian di Indonesia, namun pada akhir-akhir ini sistem ekonomi di Indonesia semakin condong ke ekonomi liberal dan kapitalis hal ini ditandai dengan derasnya modal asing yang masuk ke Indonesia dan banyaknya BUMN dan BUMD yang telah diprivatisasi. Kecenderungan tersebut dipacu derasnya arus globalisasi dan bubarnya sejumlah Negara komunis di Eropa Timur yang bersifat ekonomi sosialisme-komunistik.
Indonesia menggunakan sistem ekonomi campuran karena memiliki cirri-ciri sebagai berikut:
1.hak milik individu atas faktor-faktor produksi diakui, tetapi ada pembetasan dari pemerintah
2.kebebasan bagi individu untuk berusaha tetap ada sehingga setiap individu memiliki hak untuk mengembangkan kreativitasnya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya
3.kepentingan umum lebih diutamakan
4.campur tangan pemerintah dalam perekonomian hanya menyangkut faktor-faktor yang menguasai hajat hidup orang banyak
Sistem ekonomi yang dianut oleh Indonesia sejak orde baru hingga sekarang yaitu:
1.Sistem ekonomi demokrasi
2.Sistem ekonomi kerakyatan

http://www.scribd.com/doc/19623974/Sistem-Ekonomi-Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar