Senin, 16 Mei 2011

Tulisan PERKEMBANGAN SISTEM EKONOMI

PERKEMBANGAN SISTEM EKONOMI
Tujuan dari sistem perekonomian merupakanusaha untuk mengatur pertukaran barang dan jasa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena politik ekonomi merupakan bagian politik nasional maka dalam hal ini kebijakan politik sering didasarkan pada masalah ekonomi dan kebijakan ekonomi sering kali didasarkan pada masalah politik.
1.Perkembangan sistem politik dan pemikiran ekonomi
Kesenjangan masyarakat dalam berfikir bebas, masyarakat merasa terpasung dan tertindas menimbulkan pendobragan terhadap kekuasaan raja yang absolute ditandai dengan konsep kontrak social yang salah satu asasnya adalah kesadaran bahwa dunia dikuasai oleh hokum yang timbul dari alam yang mengandung prinsip-prinsip keadilan yang universal, berlaku untuk segala zaman serta semua manusia.
2.Pembagian sistem ekonomi
Sistem menunjuk kepada suatu kumpulan tujuan, gagasan, kegiatan yang dipersatukan oleh beberapa bentuk saling hubungan dan adanya ketergantungan yang terartur dalam rangka mencapai tujuan bersama.
Unsur-unsur yang terkandung dalam sistem ekonomi yaitu:
a.Tujuan bersama dengan segala harapannya, dalam hubungannya dengan perekonomian, jelas tujuan bersama itu dimaksud ialah kemakmuran masyarakat.
b.Seperangkat nilai yang melekat pada tujuan bersama tersebut menciptakan pengikat yang mempersatukan anggota masyarakat dalam usaha bersama menurut cara-cara tertentu.
c.Sikap dasar dan pengertian tentang hak dan kewajiban, yang membentuk pola tingkah laku dan tindakan individu maupun kelompok satu dengan yang lain.
d.Otoritas, kepemimpinan, struktur kekuasaan untuk mengarhkan usaha bersama, memilih atau menetapkan alternatif-alternatif bagi alat-alat yang dipergunakan dan mempersatukan seluruh anggota masyarakat untuk bersama-sama mempergunakan alat-alat tersebut.
Kemakmuran masyarakat menyangkut kegiatan yang esensial yaitu:
1.Produksi barang dan jasa
2.Bagaimana barang dan jasa itu distribusikan
3.Pertukaran dan konsumsi berkaitan erat dengan konsep pemiliknya
http://www.vilila.com/2010/03/perkembangan-sistem-ekonomi.html#ixzz1MStiW56D
http://www.vilila.com/2010/03/perkembangan-sistem-ekonomi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar