Kamis, 31 Maret 2011

Tulisan PENGANGGURAN TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA

Pengangguran berasal dari kata menganggur (tidak bekerja atau belum bekerja). Pengangguran yaitu seseorang yang seharusnya mempunyai pekerjaan namun sampai saat waktunya bekerja ia tetap belum bekerja juga, serta tidak dalam masa pendidikan atau bersekolah, biarpun usianya masih dibilang muda tapi apabila tidak sekolah dan bekerja maka disebut juga dengan pengangguran. Dampak pengangguran terhadap perekonomian nasional dapat dilihat melalui:

 Pendapatan nasional dan pendapatan individu (Gaji atau Upah)
Pendapatan Nasional yaitu jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga yang ada dalam Negara itu, dilihat dari faktor-faktor produksi maupun dari sektor tertentu misalnya sektor wisata, sektor kebudayaan, hasil karya anak-anak bangsa. Sedangkan upah atau gaji merupakan hasil yang diterima oleh seseorang atas jasa atau pekerjaan yang telah mereka lakukan. Apabila tingkat pengangguran tinggi, maka nilai komponen upah atau gaji akan semakin kecil, dengan demikian nilai pendapatan nasional juga akan semakin kecil dan menurun.
 Pendapatan Negara
Salah satu sumber pendapatan negara adalah berupa pajak. Pajak yang sering kita pakai berupa pajak penghasilan. Pajak penghasilan yaitu pajak yang dibebankan kepada kita dari penghasilan setiap bulannya dengan ketentuan penghasilan kita memenuhi syarat yang telah ditentukan dan diwajibkan bagi mereka yang bekerja dengan penghasilan tertentu atau yang sudah di atur oleh pemerintah. Apabila tingkat pengangguran meningkat, maka jumlah orang yang membayar pajak penghasilan berkurang. Akibatnya penerimaan negara pun ikut berkurang.
 Beban psikologis
Semakin lama seseorang menganggur maka semakin besar pula beban psikologis yang harus ditanggung oleh orang tersebut. Seseorang yang memiliki pekerjaan atau bekerja berarti memiliki status sosial yang lebih baik ditengah-tengah masyarakat. Secara psikologis orang yang menganggur mempunyai perasaan tertekan, sehingga berpengaruh terhadap berbagai perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Beban psikologis mempunyai efek domino di mana secara sosial orang yang menganggur akan merasa minder atau rendah diri karena status sosialnya yang tidak jelas atau belum jelas.
 Biaya sosial
Dengan semakin besarnya jumlah penganggur maka semakin besar pula biaya sosial yang harus ditanggung atau dikeluarkan oleh seseorang. Biaya sosial itu mencakup biaya atas peningkatan tugas-tugas medis, biaya keamanan, biaya pengadaan penyuluhan, biaya pelatihan dan biaya proses peradilan sebagai akibat meningkatnya tindak kejahatan saat ini dsb.

http://requestartikel.com/dampak-pengangguran-terhadap-pembangunan-nasionalekonomi-masyarakat-201011200.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar