Kamis, 31 Maret 2011

Tugas PI Kalimantan Tengah (Palangkaraya)

Kalimantan Tengah (Palangkaraya)
Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan dengan Ibu kota Palang Karaya. Kalimantan Tengah memiliki luas 157.983 km² dan berpenduduk sekitar 2.202.599 jiwa, yang terdiri atas 1.147.878 laki-laki dan 1.054.721 perempuan (2010). Kalimantan Tengah mempunyai 13 kabupaten dan 1 kotamadya, terletak antara 0,45 derajat Lintang Utara, 3,30 derajat Lintang Selatan dan 111 derajat Bujur Timur.
 Kondisi Alam
Terdiri dari Pegunungan Muller Swachner dan perbukitan, dataran rendah, rawa dan paya-paya. Wilayah ini beriklim tropis lembab yang dilintasi oleh garis equator. Kalimantan Tengah berbatasan dengan 3 Provinsi di Indonesia, yaitu:
• Sebelah Utara berbatasan langsung dengan sebagian Kalimantan Barat dan sebagian Kalimantan Timur.
• Sebelah Timur berbatasan dengan sebagian Kalimantan Timur dan Sebagian Kalimantan Selatan.
• Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Jawa.
• Sebelah Barat berbatasan dengan Kalimantan Barat.
 Keanekaragaman Hayati
Orangutan merupakan hewan endemik yang masih banyak di Kalimantan Tengah, khususnya di wilayah Taman Nasional Tanjung Puting yang memiliki areal mencapai 300.000 ha, di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Seruyan terdapat beruang, landak, owa-owa, beruk, kera, bekantan, trenggiling, buaya, kukang, paus air tawar (tampahas), arwana, manjuhan, biota laut, penyu, bulus, burung rangkong, betet atau beo dan hewan lain yang bervariasi tinggi.
 Sumber Daya Alam
Lahan yang luas mendominasi kebun Kelapa Sawit yang mencapai 700.000 ha. Perkebunan karet dan rotan rakyat masih tersebar hampir diseluruh daerah, terutama di Kabupaten Kapuas, Katingan, Pulang Pisau, Gunung Mas dan Kotawaringin Timur. Banyak ragam potensi sumber alam lainnya, antara lain berupa tambang batubara, emas, zirkon, besi, tembaga, kaolin, batu permata dan lain-lain.
 Suku-suku di Kalimantan Tengah
Sebutan umum suku Dayak Kalimantan Tengah adalah suku Dayak Ngaju (dominan), suku lainnya yang tinggal di pesisir adalah Banjar Melayu Pantai. Disamping itu ada pula suku Jawa, Madura, Bugis dan lain-lain. Suku Dayak yang ada di Kalimantan Tengah antara lain: Suku Dayak Ot Danum, Suku Dayak Ngaju, Suku Dayak Bakumpai, Suku Dayak Maanyan, Suku Dayak Dusun, Suku Dayak Lawangan, Suku Dayak Siang Murung, Suku Dayak Punan, Suku Dayak Sampit, Suku Dayak Kotawaringin Barat, Suku Dayak Katingan, Suku Dayak Bawo, Suku Dayak Taboyan, Suku Dayak mangkatip .
 Bahasa
Macam-macam bahasa yang ada di daerah ini yaitu: Bahasa dominan (Bahasa Melayu, Bahasa Banjar, Bahasa Ngaju, Bahasa Manyan, Bahasa Ot Danum, Bahasa Katingan, Bahasa Bakumpai, Bahasa tamuan, Bahasa Sampit) Bahasa kelompok minoritas (Bahasa Mentaya, Bahasa Pembuang, Bahasa Dusun Kalahien, Bahasa Balai, Bahasa Bulik, Bahasa Mendawai, Bahasa Dusun Bayan, Bahasa Dusun Tawoyan, Bahasa Dusun Lawangan, Bahasa Dayak Barean, Bahasa Dayak Bara Injey, Bahasa Kadoreh, Bahasa Wringin, Bahasa Kuhin (bahasa daerah pedalaman Seruyan Hulu)).
 Agama
Seperti daerah lainnya Provinsi ini juga terdapat berbagai jenis agama dan kepercayaan yang menyebar yaitu: Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu Bali, Hindu Kaharingan, Budha. Hindu Kaharingan adalah kepercayaan penduduk asli Kalimantan Tengah yang hanya terdapat di daerah Kalimantan sehingga untuk dapat diakui sebagai agama maka digabungkan dalam agama Hindu.
 Pendidikan
Beberapa Universitas dan Sekolah Tinggi di Kalimantan Tengah misanya Universitas Negeri Palangkaraya, Universitas Muhammadiyah serta beberapa sekolah tinggi lainnya yang ikut memberikan sumbangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kalimantan Tengah, seperti Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Tambun Bungai, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Palangkaraya.
 Potensi Perikanan
Potensi perikanan di Kalimantan Tengah sangat besar, khususnya perikanan air tawar. Hal itu dikarenakan luasnya wilayah perairan tawar seperti sungai, danau dan rawa di Kalimantan Tengah yang cukup banyak.
 Pertambangan
Sebagian besar penduduk di wilayah Katingan, Khususnya Kecamatan Katingan Tengah bermata pencaharian sebagai petani dan penambang. Hasil tambang utama yang diperoleh adalah emas dan puya (pasir zirkon) yang berwarna merah. Masyarakat dalam melakukan penambangan masih bersifat tradisional sehingga hasil yang diperoleh tidak optimal.
 Seni Musik
Seni musik yang dikenal di daerah ini antara lain: Chordophone (Kacapi, Rebab), Idiophone (Berbagai jenis Gong, Kangkanung), Membranophone (Berbagai jenis Kendang (Gandang), Katambung).
 Seni Vokal
Seni vokal yang populer di wilayah ini adalah: Karungut, Kandan, Mansana, Kalalai Lalai, Ngendau, Natum, Dodoi, Marung.
 Tarian
Jenis-jenis tarian yang terdapat di daerah ini antara lain: Tari Hugo dan Huda, Tari Putri Malawen, Tari Tuntung Tulus dari Barito Timur, Tari Giring-giring, Manasai, Tari Balian Bawo, Tari Balian Dadas, Manganjan.
 Seni Kriya
Seni kriya yang berkembang di wilayah ini adalah: Seni Pahat patung Sapundu, Seni lukis, Tatto, Anyaman, Seni dari bahan Getah Nyatu.
 Upacara Adat
Macam-macam upacara adat yang ada disini yaitu: Wadian, Upacara Tiwah (upacara memindahkan tulang belulang keluarga yang telah meninggal), Wara (upacara pemindahan tulang belulang keluarga yang telah meninggal), Balian (upacara atau prosesi pengobatan), Potong Pantan (upacara peresmian atau penyambutan tamu kehormatan), Mapalas (upacara membuang sial atau membersihkan diri dari malapetaka), Ijambe (upacara pemindahan tulang belulang keluarga yang telah meninggal)
 Pakaian Pengantin
Pengantin pria Kalimantan Tengah memakai celana panjang sampai lutut, selempit perak atau ikat pinggang dan tutup kepala. Perhiasan yang dipakai adalah inuk (kalung panjang), cekoang (kalung pendek) dan kalung yang terbuat dari gigi binatang. Pengantin wanita memakai kain berupa rok pendek, rompi, ikat kepala dengan hiasan bulu enggang, kalung dan subang.
 Wisata
Wisata yang ada di provinsi ini antara lain: Wisata alam (Taman Wisata Tanjung Putting, Kota Air Muara Teweh, taman Nasional Bukut Baka-Bukit Raya, Danau Tahai), Wisata Sejarah (Monumen Palagan Sambi, Masjid Kyai Gede di Kotawaringin Barat), Wisata Budaya (Festival Tira Tangka Balang)

http://id.wikipedia.org/wiki/Kalimantan_Tengah
http://kalimantantengah.dagdigdug.com/letak-geografis-kalteng.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar