Jumat, 06 Januari 2012

PERANAN KOPERASI

PERANAN KOPERASI

Pasar persaingan sempurna adalah jenis pasar yang jumlah penjual dan pembelinya yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
Cirri-ciri pasar persaingan sempurna yaitu:
• Perusahaan adalah pengambil harga
Suatu perusahaan yang ada didalam pasar tidak dapat menentukan harga atau mengubah harga pasar, harga pasar ditentukan oleh interaksi diantara keseluruhan produsen dan keseluruhan pembeli.
• Setiap perusahaan mudah keluar masuk pasar
Tidak adanya hambatan-hambatan baik secara legal maupun dalam bentuk lain secara keuangan atau secara kemampuan teknologi untuk memasuki atau meninggalkan bidang usaha tersebut.
• Menghasilkan barang yang serupa
Tidak adanya perbedaan yang nyata antara barang yang satu dengan barang yang lainnya
• Terdapat banyak perusahaan dipasar
• Pembeli mengatahui pengetahuan yang sempurna dipasar
Pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan keatas harga tersebut sehingga para produsen tidak dapat menjual barangnya dengan harga yang lebih tinggi dari yang berlaku dipasar.
Beberpa kebaikan dari pasar persingan sempurna yaitu:
1. Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
 Efisiensi produktif
Harus memenuhi 2 syarat agar tercapai efisiensi produktifitas
a. Untuk setiap tingkat produksi biaya yang dikeluarkan adalah biaya minimum, untuk menghasilkan suatu tingkat produksi berbagai corak gabungan faktor-faktor produksi dapat digunakan
b. Industri secara keseluruhan harus memproduksi barang pada biaya rata-rata paling rendah yaitu pada waktu kurva AC mencapai titik paling rendah.
 Efisiensi alokatif
Syarat agar tercapai efisiensi alokatif yaitu harga setiap barang sama dengan biaya marjinal untuk memproduksi barang tersebut
2. Kebebasan bertindak dan memilih
Adapun keburukan pasar persaingan sempurna yaitu:
1. Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
2. Persaingan sempurna ada kalanya menimbulkan biaya sosial
3. Membatasi pilihan konsumen
4. Biaya dalam pasar persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
5. Distribusi pendapatan tidak selalu rata
Apabila distribusi pendapatan tidak rata biasanya alokasi sumber dayanya juga tidak rata sehingga akan lebih banyak digunakan untuk kepentingan golongan kaya.
Sifat-sifat pasar persaingan sempurna yaitu:
 Jumlah penjual dan pembeli banyak
 Barang yang dijual sejenis, serupa, mirip satu sama lain
 Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dna penawaran
 Posisi tawar konsumen kuat
 Sulit memperoleh keuntungan diatas rata-rata
 Sensitive terhadap perubahan harga
 Mudah untuk keluar masuk pasar

Pasar monopolistik ialah pasar yang terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek yang memiliki karakter tersendiri agar dapat dibedakan dengan produk lainnya. Pasar persaingan sempurnan dapat terjadi secara ilmiah karena penguasaan teknologi dan modal kapital yang besar, saat sang pemain monopoli ini mulai melakukan tindakan merugikan masyarakat disaat ini pula kebijakan persaingan usaha berperan.
Sifat-sifat pasar monopolistik yaitu:
 Untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda
 Mirip dengan pasar persaingan sempurna
 Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
 Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga
 Relative mudak keluar masuk pasar

Pasar monopsoni adalah kebalikan dari pasar monopoli, dimana hanya terdapat satu pembeli saja untuk membeli produk yang dihasilkan.

Pasar oligopoli yaitu pasar yang didomonasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu area
Sifat-sifat pasar oligopoli yaitu:
 Harga produk yang dijual relative sama
 Perbedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses
 Sulik keluar masuk pasar karena butuh sumber daya yang besar
 Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain

http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_persaingan_sempurna
http://emperordeva.wordpress.com/about/makalah-pasar-persaingan-sempurna/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopolistik
http://id.wikipedia.org/wiki/Monopsoni
http://organisasi.org/bentuk_bentuk_struktur_pasar_konsumen_persaingan_sempurna_monopolistik_oligopoli_dan_monopoli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar