Jumat, 06 Januari 2012

EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DARI SISI ANGGOTA

EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DARI SISI ANGGOTA

Efek-efek ekonomi koperasi merupakan salah satu hubungan penting yang harus dilakukan koperasi adalah dengan para anggotanya yang kedudukannya sebagaipemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik akan persoalan dana (simpanan-simpanan) yang telah diserahkannya apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang jasa, menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi yaitu:
• Jika kegiatan itu sesuai dengan kebutuhannya
• Jika pelayanan itu ditawarkan dengan harga mutu dansyarat-syarat yang lebih menguntungkan dibandingkan yang diperoleh dari pihak-pihak lain dari luar koperasi
Efek harga dan efek biaya, partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi sedangkan tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normative. Motivasi utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis (isentif berupa pelayanan barang dan jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien atau adanya pengurangan biaya yang diperoleh dari harga serta penerimaan bagian dari keuangan SHU baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.
Analisis hubungan efek ekonomi dan keberhasilan koperasi, dalam badan usaha koperasi laba bukanlah satu-satunya yang dikejar oleh manajemen namun juga aspek pelayanan. Fungsi laba pada koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya, semakin tinggi partisipasi anggota maka akan semakin tinggi manfaat yang diterima oleh anggota.
Penyajian dan analisis neraca pelayanan, disebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan koperasi terutama tantangan-tantangan yang ada, pelayanan koperasi terhadap anggotanya harus secara continue yang disesuaikan. Factor-faktor yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya yaitu:
1. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain
2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban

http://kamukucrud.wordpress.com/2010/12/29/efek-efek-ekonomi-koperasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar