Rabu, 10 Juli 2013

BISNIS KUE KERING

BISNIS KUE KERING

Tidak bisa dipungkiri bisnis kuliner sangatlah dibutuhkan dan tidak kekurangan konsumen karena makanan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Yang perlu diingat bisnis kuliner yang terpenting adalah cita rasa yang khas dan lezat serta harga yang bersahabat. Bisnis kue kering menjadi bisnis yang menjanjikan untuk dikelola karena bisnis ini tidak mengakibatkan kerugian yang terlalu besar dibandingkan dengan bisnis kuliner makanan basah. Kelebihan dari bisnis kue kering yaitu masa jual yang relative lama dibandingkan dengan kue basah, sehingga penjual memilki resiko kerugian yang kecil, selain itu pembuatan kue kering sangatlah mudah hanya memerlukan modal yang kecil untuk memulai bisnis ini.
Beberapa tips agar bisnis kue kering dapat berkembang dan lebih diminati oleh konsumen yaitu :
1.      Berinovasi menciptakan rasa dan tampilan baru
Apabila kita memiliki kemampuan untuk menginovasi sebuah makanan, maka kita dapat mengkreasikan kreasi kita pada kue kering agar dapat bersaing dipasaran. Dengan kreasi kita maka masyarakat dapat mengenali kue kering hasil kreasi kita dari kue kering yang biasanya ada ditoko-toko.  Kita dapat membentuk berbagai macam bentuk kue yang lucu dengan berbagai macam warna dan rasa. Misalnya kue nastar, putrid salju, ke kacang, lidah kucing, dll.
2.      Menentukanlah target konsumen
Jangan terlalu tergesa-gesa untuk bermain disemua level pasar. Sebagai tahap awal yaitu kelas kebawah atau menengah dengan penetapan harga kue kering yang terjangkau, sambil menunggu berkembangnya usaha dan pengalaman kita.
3.      Bijak dalam memilih bahan baku dan peralatan
Pemilihan bahan baku yang baik dapat menentukan suksesnya bisnis anda, gunakanlah bahan baku yang berkualitas sesuai dengan segmentasi pasar dan gunakanlah peralatan yang memilki kualitas bagus agar hasil kue yang dihasilkan juga bagus dan baik.
4.      Menggunakan kemasan yang menarik
Gunakanlah kemasan yang menarik yang dapat menarik konsumen untuk membelinya. Hiaslah kemasan dengan denga keadaan yang saat  ini terjadi misalnya lebaran hias kemasan kue kering dengan asesoris lebaran (stiker ketupat, pernak pernik lebaran, dll).
5.      Menciptakan saluran pemasaran yang tepat
Ada empat cara mudah dalam pemasaran kue kering yaitu : menawarkan secara langsung kue kering pada konsumen, tawarkankue kering melalui perantara (took-toko roti, supermarket, dll), memasarkan secara online melalui situs-situs jual beli online, melakukan sarana promosi brosur dan catalog.

Saat ini kue kering banyak diminati oleh kalangan ibu-ibu untuk jamuan saat lebaran maupun hanya untuk menjamu tamu, karena lebih praktis dan ekonomis dengan harga yang terjangkau.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar